Instal LibreELEC di Raspberry Pi untuk Mengganti OS Smart TV Anda

Instal LibreELEC di Raspberry Pi untuk Mengganti OS Smart TV Anda

Tidak suka iklan di smart TV Anda? Tutorial ini akan menunjukkan cara mengganti OS TV Anda dengan LibreELEC (Embedded Linux Entertainment Center) dan Raspberry Pi. LibreELEC adalah distribusi Linux open-source gratis untuk perangkat tertanam yang digunakan sebagai pusat media rumah. Ini adalah cabang dari proyek OpenELEC yang sekarang dihentikan , yang didasarkan pada Kodi . Setelah menginstal LibreELEC di Rasberry Pi, Anda dapat mengunduh Film, acara TV di Usenet , atau torrent.

Fitur LibreELEC

  • Super ringan, karena hanya mencakup perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan pusat media Kodi (OS yang cukup untuk Kodi).
  • Booting cepat.
  • Mendukung semua versi Rasberry Pi (Versi 0/1/2/3/4, termasuk varian B dan B +).
  • Dioptimalkan untuk digunakan dengan drive berbasis flash, seperti compact flash, drive USB, atau SSD.
  • Mencakup semua fitur yang ditawarkan Kodi.

Apa yang kau butuhkan

  • Kit starter Rasberry Pi , yang mencakup kartu SD untuk memasang LibreELEC, pembaca kartu SD, kabel HDMI, kipas sistem, catu daya, dan casing Rasberry Pi.
  • Kabel Ethernet (opsional jika Raspberry Pi Anda memiliki kartu nirkabel built-in), sehingga Pi Anda dapat terhubung ke router.
  • TV dengan port HDMI
  • Kontrol jarak jauh USB . (Anda dapat menggunakan aplikasi Sybu Kodi di ponsel Anda untuk mengontrol Kodi, tetapi remote control dengan penerima USB lebih nyaman.)

Tidak punya TV? Anda dapat memilih untuk membeli smart TV atau non-smart TV . Bagi mereka yang tidak menginginkan perangkat lunak berpemilik, Anda mungkin ingin memilih TV non-pintar. (Smart TV saya masih dapat menampilkan iklan pada saat boot, bahkan jika saya mengkonfigurasi TV untuk boot langsung ke LibreELEC.) Smart TV memiliki OS bawaan yang tidak dapat Anda hapus, kecuali Anda seorang ahli super dan Anda tidak keberatan menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk memecahkan masalah.

Perhatikan bahwa Rasberry Pi 1 lama (single-core, RAM 512MB) tidak cukup kuat untuk memberikan pengalaman menonton TV yang lancar. Saat memindai pustaka media, penggunaan CPU naik hingga 100% dan video tidak dapat diputar. Disarankan untuk menggunakan Raspberry Pi 4B terbaru jika Anda belum memilikinya.

Setelah Anda memiliki semua item yang diperlukan, mari kita mulai.

Langkah 1: Instal LibreELEC di Rasberry Pi

Buka halaman unduh LibreELEC untuk mengunduh aplikasi LibreELEC USB-SD Creator . Saya menggunakan Ubuntu, jadi saya mengunduh Linux versi 64-bit .

Setelah diunduh, buka jendela terminal dan buka folder tujuan unduhan. Misalnya, file diunduh ke Downloadsfolder di bawah direktori home saya, jadi saya menggunakan perintah berikut.

cd ~ / Unduh

Kemudian buat file tersebut dapat dieksekusi.

chmod + x LibreELEC.USB-SD.Creator.Linux-64bit.bin

Dan menjalankannya dengan sudohak istimewa.

sudo ./LibreELEC.USB-SD.Creator.Linux-64bit.bin

Di aplikasi pembuat, pilih versi Rasberrry Pi Anda, unduh file gambar. Masukkan kartu SD Anda ke komputer Anda, lalu pilih di aplikasi. Semua data di kartu SD akan dihapus. Pastikan Anda memilih perangkat yang tepat.

Klik writetombol untuk menulis gambar LibreELEC ke Rasberry Pi Anda. Setelah selesai, tutup aplikasi dan cabut kartu SD Anda dari komputer Anda.

Langkah 2: Proses Awal

Masukkan kartu SD ke Raspberry Pi Anda dan mulai. Karena Rasberry Pi menggunakan kabel HDMI untuk terhubung ke TV Anda, Anda perlu mengkonfigurasi TV Anda untuk menggunakan sumber sinyal HDMI , untuk menampilkan LibreELEC di layar Anda.

Untuk mengontrol layar LibreELEC Anda, Anda dapat menghubungkan keyboard ke Rasberry Pi Anda, atau mengunduh aplikasi Sybu Kodi di ponsel Anda. Ketuk Temukan Host di aplikasi Sybu Kodi untuk menemukan host LibreELEC (Harus berada di jaringan yang sama). Kemudian Anda dapat menggunakan pengontrol virtual untuk berinteraksi dengan LibreELEC. Anda juga dapat membeli remote control dengan penerima USB, yang lebih nyaman.

Saat boot pertama, wizard pengaturan akan muncul. Pertama, pilih bahasa Anda. (Jika wizard pengaturan macet dan Anda tidak dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, reboot Rasberry Pi Anda.)

Kemudian berikan nama host. Saya hanya menggunakan nama host default

Selanjutnya, konfigurasikan jaringan. Jika Rasberry Pi Anda memiliki kartu nirkabel, Anda dapat menghubungkannya ke router Wi-fi Anda.

Di layar berikutnya, Anda dapat mengaktifkan layanan SSH dan Samba. Nama pengguna default untuk SSH adalah rootdan kata sandi default adalah libreelec. Anda dapat mengubah kata sandi di langkah ini.

Setelah selesai, cukup klik Berikutnya dan Anda akan dapat menggunakan Kodi.

Petunjuk : Jika smart TV Anda masih melakukan booting ke OS internal terlebih dahulu, Anda dapat mengonfigurasi TV untuk melakukan boot langsung ke layar sumber sinyal HDMI. Biasanya Anda dapat menemukan pengaturan ini di OS bawaan.

Langkah 3: Menyiapkan Perpustakaan Media

Di sidebar kiri, terdapat berbagai jenis konten, seperti Film, Acara TV, Musik, dll. Pilih setiap jenis konten dan masukkan bagian file untuk menambahkan sumber media.

Anda dapat menambahkan media dari hard drive lokal atau dari jaringan lokal seperti server FTP dan share Samba . Saat menelusuri folder dari hard drive lokal, klik kanan nama folder dan pilih set content. Jika Anda menggunakan aplikasi Sybu Kodi di telepon, ketuk tombol menu lanjutan.

Kemudian pilih tipe konten dan penyedia informasi. Anda dapat menggunakan opsi pemindaian default.

Tempat Mengunduh Film dan Acara TV

  1. Gunakan klien BitTorrenting seperti Deluge .
  2. Pelajari cara mengunduh dari Usenet .

Keuntungan dari Usenet

  1. Ini memberi Anda privasi yang lebih baik karena koneksi dienkripsi dengan TLS, sehingga orang lain tidak dapat melihat apa yang Anda unduh.
  2. Kecepatan unduh super cepat.
  3. File di Usenet biasanya disimpan lebih lama dari file torrent. Misalnya, Newsdemon menyimpan file selama 4430 hari (lebih dari 12 tahun), jadi Anda dapat mengunduh konten lama dengan kecepatan sangat cepat.

Setelah menambahkan sumber media, Anda mungkin ingin mengubah tiga pengaturan di Kodi.

  • Buka Pengaturan -> Media -> Perpustakaan , lalu aktifkan perpustakaan pembaruan saat startup untuk perpustakaan video dan perpustakaan musik.
  • Buka Pengaturan -> Media -> Video, lalu aktifkan ekstrak thumbnail dari file video dan Tampilkan set film .
  • Buka Pengaturan -> Sistem -> Hemat Daya , aktifkan layar saat tidak digunakan .

Langkah 4: Instal YouTube, Netflix, Hulu, dan Add-on Populer lainnya

Buka Pengaturan -> Add-on -> Instal dari repositori -> Semua repositori . Ada banyak add-on dalam repositori, seperti add-on subtitle, add-on database film, dll. Anda akan menemukan YouTube di kategori add-on video.

Setelah pengaya YouTube diinstal, wizard penyiapan akan muncul. Pilih Yes untuk menjalankan wizard pengaturan.

Jika Anda perlu menggunakan bahasa atau wilayah lain, pilih Ya untuk memilih

Anda juga memiliki opsi untuk mengaktifkan geolokasi.

Kemudian, kembali ke layar beranda Kodi, pilih Add-on dari sidebar kiri, dan pilih add-on YouTube. Sebelum menggunakan add-on ini, Anda harus memasukkan kunci API YouTube Anda. Prosesnya agak rumit, akan saya jelaskan di tutorial lain.

Konfigurasi Proxy

Jika YouTube diblokir di negara atau wilayah Anda, Anda dapat mengatur proxy untuk membuka blokirnya. Buka Pengaturan -> Sistem -> Akses Internet , Anda akan dapat mengkonfigurasi proxy. Ada beberapa jenis proxy yang dapat dipilih. Saya menggunakan proxy SOCKS5.

TV saya di Ruang Duduk

Tampilkan Karakter Non-Latin

Secara default, Kodi tidak dapat menampilkan karakter non-latin seperti China, Jepang, dan Korea. Untuk memperbaikinya, buka Settings-> Interface-> Skin, ubah font dari skin defaultmenjadi Arial-based.

Tidak Dapat Memasang HDD Eksternal Anda?

Saat Anda menghubungkan HDD eksternal ke Rasberry Pi Anda, LibreELEC secara otomatis memasang HDD di bawah /var/media/direktori, dan Anda dapat memilih folder pada hard drive ini di antarmuka Kodi.

Perhatikan bahwa jika Rasberry Pi Anda sangat tua, seperti Rasberry Pi 1 , maka itu mungkin tidak dapat memberi daya pada HDD eksternal melalui port USB. Bagaimana Anda tahu bahwa tidak ada daya ke HDD eksternal Anda?

  • Lampu HDD berkedip cepat.
  • Anda tidak dapat mendengar suara disk berputar di HDD Anda.

Anda juga dapat menjalankan perintah berikut di Rasberry Pi Anda.

lsusb

Biasanya Anda akan melihat nama pabrikan HDD seperti Seagate atau Western Digital di keluaran.

Jika tidak ada daya ke HDD, Anda tidak akan menemukan nama pabrikannya. Jika demikian, saya sarankan untuk membeli Rasberry Pi 4B terbaru sebagai media center Anda. Selain itu, Rasberrry Pi hanya dapat memberi daya pada satu HDD eksternal melalui port USB. Jika Anda memiliki beberapa HDD, Anda harus membeli hub USB bertenaga .

Anda juga dapat mencoba menambahkan baris berikut di akhir /boot/config.txtfile.

max_usb_current = 1

Kemudian reboot Raspberry Pi Anda.

sudo shutdown -r sekarang

Ini akan membuat Raspberry Pi mengalokasikan lebih banyak voltase ke port USB, sehingga mungkin dapat memberi daya pada HDD eksternal Anda.

Pantau Suhu CPU

Raspberry Pi dirancang untuk berjalan pada 0 ~ 50 Celcius. Anda dapat pergi ke Kodi Settings-> System Infountuk memeriksa suhu CPU.

Tentunya suhu CPU akan jauh lebih rendah di musim dingin. Dalam kasus saya, sekitar 36 Celcius saat tidak memutar video dan 45 Celcius saat memutar video.

Raspberry Pi tidak bisa boot?

Mungkin kartu SD Anda tidak terhubung dengan benar ke Pi Anda.

Membungkus

Sekian tutorial kali ini, jika kamu menemui masalah, silahkan tinggalkan komentar